February 13, 2014

[Review Novel] Cinta Paket Hemat


IDENTITAS BUKU :
Judul : Cinta Paket Hemat
Penulis : Retni SB
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tebal : 278 halaman
Terbit : April 2007
ISBN : 978-979-22-2830-4
Rating : 3 dari 5 bintang

SINOPSIS :
Cerita bermula dari gempa di Yogyakarta yang menewaskan Lia dan Fadil, orang tua dari Lio, seorang anak yang mengidap autis. Sebagai tante (Pipit - adik Lia) dan om (Aries - adik Fadil) Lio, akhirnya mereka berdualah yang mendapat rezeki untuk menjaga Lio.

Aries yang seorang reporter tentu tidak bisa sepenuhnya menjaga Lio. Akhirnya Pipit lah yang dengan 'sukarela' menjadi babysitter bagi Lio. Kehidupan Pipit pun berubah. Dia yang biasanya bebas dan gaul harus merelakan waktunya demi tugas menjaga Lio. Putus dari pacarnya, berantem dengan teman-temannya. Belum lagi urusan kerja yang menurutnya adalah segalanya.

Untunglah masih ada Aries yang ikut menjaga Lio. Di saat Pipit sedang drop, selalu ada Aries yang menopangnya. Aries jugalah yang membuka pikiran Pipit agar lebih bisa menerima masalah dalam hidup. Tinggal serumah pasti mampu merubah perasaan seseorang. Dari yang semula sering adu mulut, lama-lama keduanya mulai merasa saling membutuhkan. Saling mencintai. 

Di saat Pipit telah mengutarakan perasaannya, lalu datang Amy. Calon psikolog yang bersedia menjaga Lio dengan alasan untuk penelitiannya. Namun bagi Pipit, Amy tidak hanya menjaga dan memperhatikan Lio, tapi juga Omnya Lio.

Di saat Pipit lagi cemburu-cemburunya ditambah banyak masalah (dipecat dari pekerjaannya), datang Pak Sapta, mantan Bosnya yang juga menawarkan pekerjaan baru untuknya. Ternyata Pak Sapta mempunyai perasaan khusus terhadapnya.

Lalu, siapakah yang dipilih Pipit? Pak Sapta atau Aries yang sedang "dekat" dengan Amy?

REVIEW :
Saya bisa nyelesain novel ini kurang dari 5 jam :)) *ya iyalah, enggak tebal* XD

Gara-gara banyak yang nyebut-nyebut novel ini, akhirnya ikutan baca deh. Yah, ternyata tidak mengecewakan dan cukup menghibur. Buktinya bisa selesai dalam sekali baca :)

Suka sama covernya simpel, tapi bagus. Cuma kurang sreg sama warna backgroundnya aja. Jadinya gelap. Mungkin kalo diganti warna lain yang lebih muda, bisa lebih cocok. Covernya gambar kotak yang berisi foto sekeluarga, kamera, dan tas. Itu menggambarkan isinya banget. Kalo mau nerima Pipit ya harus bisa nerima Lio, soalnya Pipit dan Lio itu sepaket. Tapi tidak banyak orang yang mau menerima seorang gadis yang sudah memiliki 'anak', terlebih anak berkebutuhan khusus karena mereka akan menuntut perhatian lebih. Sebenarnya dari cover-nya aja udah ketahuan sih isi ceritanya. Cukup membaca bagian-bagian awal, kita bakalan tahu kamera itu milik siapa.

Yang saya agak bingung itu sama judulnya, Cinta Paket Hemat. Hemat apanya ya? Maksudnya apa? ._.

Menggunakan alur maju dengan sudut pandang pertama dari Pipit dan Aries. Tapi porsinya di sini 80% Pipit dan 20% Aries. Saya selalu menunggu-nunggu POVnya Aries loh. Meskipun kelihatannya usil, tapi pola pikirnya ini dewasa banget.

Untuk karakter Pipit. Pas baca sinopsis saya kira Pipit ini seperti sosialita gitu, ternyata biasa aja. Cuma dia emang agak bebas dan mudah terombang-ambing. Kalo untuk Aries, kan di bagian awal ditulis kalo Aries itu tipe cowok slengekan. Kok enggak kelihatan gitu ya? Aries emang suka adu mulut, komentar-komentar, tapi bukan tipe slengekan kok. Oh ya, entah kenapa saya kepikiran, cara pengucapan nama Aries di sini itu, Aries atau Aris? *tidak penting* XD

Poin lebih untuk novel ini adalah penjelasan tentang anak autis yang lumayan banyak. Misal tentang tingkah lakunya dan bagaimana cara mengadapinya. Karena dulu saya pernah belajar tentang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), saya jadi semangat banget bacanya. Karena saya juga calon guru, meskipun bukan guru luar biasa, setidaknya bisa menambah pengetahuan untuk menghadapi ABK ini. Tapi ada satu poin yang membuat saya bingung. Dulu pas belajar tentang anak autis, anak autis itu tidak boleh diberi makanan manis, soalnya bisa membuat diri mereka hiperaktif. Nah di sini si Lio itu banyak disuguhin makanan manis. Jadi gimana dong? -_-

Terus inikan novel Metropop. Yang saya suka dari novel Metropop ini rapi. Rapi hampir dalam segala hal. Dari covernya yang biasanya tidak muluk-muluk, pergantian bab yang hanya ditandai dengan 'angka' atau 'huruf' dan tanpa gambar, bahasanya yang hampir formal tapi mudah diikuti, juga minim typo.

Saya suka novel yang dalamnya banyak gambarnya, apalagi gambarnya unyu-unyu. Tapi karena saya nggak kreatif, saya lebih suka novel yang format dalamnya lurus-lurus aja seperti makalah XD

4 comments:

  1. Dulu, mau beli novel ini di bazar tapi gak jadi hehehe

    ReplyDelete
  2. salah satu novel Retni SB yang aku suka :)

    ReplyDelete
  3. Tanks kak reviewnya heheeheh....

    Jangan Lupa Kunjungi Blog/Artikel Kitaa Ya Kaka " Berbagi Itu Indah " !!!!!!

    ( >>> DISINI <<< )

    Seputar Aritkel Bola

    Download Game Online
    Artikel Bola Terupdate 2017

    ReplyDelete